Jelajahi Masa Lalu Melalui Virtual Experience

PURWAKARTA-- Masuki lorong waktu menuju masa lalu! Museum Penerangan bekerjasama dengan Disdik Jawa Barat dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV mengadakan kegiatan "Virtual Experience" Jalan - Jalan ke Museum Penerangan secara Virtual 2024 yang dilaksanakan di SMAN 2 Purwakarta, Selasa (23/04/2024) kemarin.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha Riesye Silvana, mengatakan bahwa Museum memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran, terutama ilmu-ilmu sosial. Selain sebagai sumber belajar juga dapat menjadi media pembelajaran.

"Sebagai sumber belajar, museum menjadi tempat peserta didik memperoleh informasi dan pengetahuan" ujar Kasubag TU dalam acara yang diikuti oleh peserta didik melalui virtual zoom ini

Sementara itu, dalam sambutannya, pihak Museum Penerangan menekankan program Virtual Experience, yaitu mengunjungi Museum Penerangan secara virtual.

“Jika biasanya virtual tour seperti itu hanya diputarkan video dan tidak ada interaksi, tapi di Virtual Experience ini pengunjung juga bisa berinteraksi, ada tanya jawabnya dan kuis berhadiah. Ada pemandu, host, cameraman, dan lain-lain,” terangnya.

Mengutip laman resmi muspen.kominfo.go.id, ada sebanyak lebih dari 450 koleksi alat-alat komunikasi yang pernah menemani kehidupan masyarakat Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang di Museum Penerangan.

Meliputi kategori sejarah perfilman, sejarah departemen penerangan dan komunikasi tradisional, sejarah percetakan, sejarah radio, sejarah televisi, dan sejarah foto jurnalisme.

 

Editor: Riska Y. Imilda